tanaman pengusir nyamuk

8 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik

8 Rekomendasi Tanaman Pengusir Nyamuk Terbaik – Halo sahabat Roma. Memiliki hunian yang asri, sejuk dan tidak ada gangguan dari suara bisik tetangga merupakan idaman bagi kita semua. Namun karena kita tinggal di negara tropis maka ada masalah satu lagi yang membuat hunian kita tidak nyaman, keberadaan nyamuk Maka untuk melengkapi kebahagiaan dan keharmonisan keluarga kita semua, kita perlu memiliki tanaman pengusir nyamuk.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa memiliki tanaman pengusir nyamuk menjadikan hunian kita lebih asri dan enak dipandang dan tidak merasa menyebalkan karena digigit nyamuk. Namun apa saja tanaman pengusir nyamuk yang bisa dimiliki oleh sahabat Roma?

Simak artikel ini selengkapnya.

Lavender

Percaya atau tidak, lavender adalah ramuan pengusir nyamuk yang paling efektif sebagai pilihan. Aroma yang menyengat dari minyak esensial ini sangat ditolak oleh hewan lain seperti nyamuk dan kelinci. Beberapa orang percaya bahwa minyak lavender dalam daun menghambat bau nyamuk.

Tanaman ini sangat kuat dan sekali tumbuh tahan terhadap kekeringan. Mereka juga membutuhkan sinar matahari yang sempurna dan drainase yang baik. Ini bertahan di berbagai iklim, tetapi lebih produktif ketika tumbuh di daerah yang lebih hangat.

Marigold

Tanaman semusim ini mudah tumbuh dan wanginya juga bisa mencegah masuknya nyamuk. Obat nyamuk ini dapat ditanam di dalam pot sebagai obat nyamuk di rumah Anda. Selain sebagai tanaman pengusir nyamuk di rumah, bunga marigold juga sering digunakan sebagai pagar di kebun sayur. Mereka tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga dapat mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang, dan ngengat elang berbintik lima.

Kemangi

Nyamuk juga membenci bau kemangi. Jadi Sahabat Roma bisa mencoba menanam tanaman ini di rumah untuk melawan nyamuk. Tanaman ini merupakan racun yang sangat mematikan bagi nyamuk, bahkan bagi larva yang belum menjadi nyamuk.

Jika ingin hasil yang efektif, Anda bisa meletakkan obat nyamuk di dekat genangan air. Ini akan mencegah jentik nyamuk tumbuh di genangan air.
Tanaman ini juga sangat mudah dirawat di daerah kering seperti Indonesia. Karena mereka membutuhkan sangat sedikit air untuk merawat mereka.

Rosemary

Tanaman pengusir nyamuk lain yang ampuh adalah rosemary. Aroma dari tanaman herbal ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Untuk merawat rosemary, Sahabat Roma bisa menggunakan pot atau di tanah lapang. Mereka sangat cocok ditanam di iklim panas dan kering.

Baca Juga :  7 Tanaman Penyejuk Ruangan Rumah

Untuk daerah dingin dan lembab, Moms sebaiknya menanam rosemary menggunakan pot agar mendapat hasil yang terbaik. Tanaman ini juga bisa dijadikan hiasan cantik di rumah. Oleh karena itu, tidak hanya sebagai pengusir nyamuk, rosemary juga dapat digunakan sebagai ramuan obat dan bahan masakan.

Serai

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa serai memiliki bau yang kuat dan tidak disukai oleh serangga seperti nyamuk. Banyak yang menyebutnya sebagai tanaman pengusir nyamuk.
The Journal of Environmental Science Health menyatakan bahwa kandungan serai dapat mengganggu aktivitas reproduksi inang nyamuk.
Merawat tanaman ini tidak sulit karena dapat ditanam di pot dan lahan yang luas. Selain itu, tanaman ini dapat tumbuh di daerah yang beriklim panas atau dingin.

Catnip

Tanaman pengusir nyamuk ini berasal dari famili Labiatae dan tumbuh subur di mana-mana. Bahkan, mereka juga bisa tumbuh liar di mana saja.
Catnip dapat menjadi gulma dan sangat mudah dibersihkan. Namun, hati-hati agar tanaman ini tidak menyerang pohon lain di dekatnya.
The Journal of Medical and Veterinary Entomology menggambarkan catnip secara lokal dan spasial sebagai pengusir nyamuk untuk beberapa spesies Aedes dan Culex pipiens. Selain nyamuk, tanaman ini juga dapat mengusir lalat dan serangga lainnya.

Geranium

geranium

Geranium memiliki aroma yang sangat kuat yang tidak diinginkan nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini memiliki aroma serai atau lemon, sehingga nyamuk tidak suka mendekatinya.

Aroma yang kuat dari tanaman ini juga tidak disukai oleh spesies serangga lainnya. Tanaman ini berkembang biak di daerah beriklim hangat, cerah dan kering.

Namun, dalam cuaca dingin, dapat dibudidayakan dalam pot dan lebih sering dipangkas.

Bunga Balsam

Bunga balsam membenci nyamuk, tetapi lebah dan kupu-kupu menyukainya

Baca Juga :  7 Inspirasi Model Dapur Terbuka Minimalis, Dijamin Semakin Cozy!

Tanaman ini juga dikenal sebagai monarda atau homint.

Jika ingin mempertahankan aromanya, hancurkan beberapa helai daunnya saja. Tidak hanya akan mengusir nyamuk, tetapi warna bunga yang indah juga akan menghiasi rumah Anda

Penutup

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang  Anda bisa ketahui. Semoga dengan memahami hal-hal tersebut rumah Anda akan terasa lebih aman dan nyaman.

Temukan lebih banyak produk-produk perlengkapan rumah terlengkap hanya di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Supermarket Bangunan kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Tinggalkan Balasan