5 Fungsi Paranet di Rumah Yang Wajib Anda Ketahui!

5 Fungsi Paranet di Rumah Yang Wajib Anda Ketahui! – Jika Anda pergi ke toko botani atau taman wisata, Anda pasti akan menemukan tanah yang tertutup jaring hitam. Jaringan tersebut namanyaadalah paranet. Bahan utamanya adalah plastik dan anyaman nilon.

Tingkat kepadatannya cukup tinggi, dari 65% hingga 85%. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin kecil juga jaraknya. Di sisi lain, ketebalannya adalah 1,8 mm hingga 3 mm. Paranet memang identik dengan tanaman, namun fungsi paranet belakangan ini juga banyak digunakan di rumah-rumah.

Lantas, apa saja fungsi paranet di rumah? Nah, mari simak artikel dari Roma Bangunan tentang fungsi paranet berikut ini!

5 Fungsi Paranet di Rumah

Menutupi Sinar Matahari

Kalian bisa menggunakan paranet untuk menghalangi sinar matahari di rumah Anda. Jika Anda berada di luar rumah, Anda bisa menggunakan paranet. Sayatan kecil dari paranet dapat mengurangi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Selain itu, karena ringan, maka akan mudah dipasang sendiri, dan bentuknya bisa disesuaikan dengan area pemasangan paranet. juga tidak mudah rusak oleh sinar matahari dan hujan. Dengan memanfaatkan fungsi paranet tersebut, suasana di taman atau teras menjadi lebih sejuk.Bahkan tanaman hias dan ikan yang Anda sukai di luar rumah pun tidak akan mudah mati karena teriknya sinar matahari.

Mengontrol Suhu dan Sirkulasi Udara

Jika sinar matahari bisa diredam oleh paranet, maka suhu di daerah itu akan lebih terkontrol. Suhunya tidak akan terlalu tinggi, sehingga tanaman yang membutuhkan udara sejuk dapat tumbuh dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk sirkulasi udara.

Celah sempit masih memungkinkan udara masuk dan keluar dengan bebas. Anda juga bisa bersantai di bawah naungan paranet atau merawat tanaman dengan nyaman.

Baca Juga :  6 Alternatif Pendingin Ruangan Selain AC

Tahan Air Hujan

Berkat celah sempit di jaring, fungsi paranet juga dapat menahan air hujan. Namun, bukan berarti mereka memiliki bahan tahan air, tetapi mengurangi kekuatan air untuk terus masuk ke dalam. Air hujan dipertahankan dengan memecah menjadi butiran, sehingga air hujan yang jatuh ke tanah akan berkurang dan turun secara perlahan.

Dengan begitu, tanaman hias pun akan sulit rusak. Hal ini juga dapat meminimalkan percikan tanah. Alhasil, lantai di sekitarnya tidak terlalu kotor. Sebagai bonus, paranet akan melindungi tanaman atau ruangan sekitar dari debu dari hujan.

Melindungi dari Hewan Pengganggu

Salah satu musuh utama pemilik tanaman adalah munculnya binatang yang mengganggu. Serangga seperti ulat dan laba-laba dapat merusak bahkan membunuh tanaman. Kelelawar dan burung akan mengambil buah yang masih tergantung di pohon. Kotoran burung liar juga bisa mengurangi keindahan taman rumah Anda.

Dengan bantuan dan memanfaatkan fungsi paranet dengan baik, keberadaan hewan-hewan tersebut itu bisa diminimalisir. Cara ini tidak mahal, tidak membahayakan makhluk hidup, tidak mengandung bahan kimia dan pastinya tidak berbahaya bagi lingkungan!

Mengatasi Angin Kencang

Angin kencang sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia, terutama saat musim hujan. Angin kencang dapat merobohkan pohon dan merusak tanaman bahkan rumah. Hal itu cukup andal untuk menahan angin kencang seperti itu.

Angin kencang memiliki tekanan yang cukup tinggi untuk menyebabkan beberapa tanaman atau pohon bisa rusak atau bahkan tumbang. Untuk paranet yang masih memiliki celah, maka dapat meminimalisir kejadian tersebut. Tekanan angin segera menurun saat dia terbang melewati paranet.

Bahannya juga fleksibel, sehingga lebih fleksibel dengan angin. Objek di bawah bayangan paranet juga dapat terlindung dari angin. Paranet ini bisa dipasang hanya dengan menggunakan alat berupa paku dan tali. Untuk area yang luas, maka buatlah rangka besi atau pipa sederhana terlebih dahulu.

Baca Juga :  Ide Dekorasi Rumah Murah Meriah Sambut Lebaran

Oleh karena itu, ketahanan terhadap angin dan hujan juga lebih kuat. Masa pakai paranet  ini mencapai hingga 5 tahun. Jika ada bagian yang rusak, maka segeralah untuk mengganti agar paranet dapat melakukan 5 fungsi tersebut.

Nah, apakah Anda sudah mengetahui kegunaan yang unik dan tertarik menggunakan paranet di rumah?

Tinggalkan Balasan