langkah memasang paving block

5 Langkah Memasang Paving Block Untuk Halaman Rumah – Salah satu jenis bahan bangunan untuk pondasi halaman atau pekarangan rumah adalah paving block. Keuntungan menggunakan batu paving block adalah tidak akan membuat halaman atau pekarangan rumah Anda menjadi berlumpur selama musim hujan.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai 5 Langkah Memasang Paving Block. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Sahabat Roma sekalian. Langkah memasang paving block yang baik dan benar akan membuat taman, halaman, dan pekarangan rumah Anda tampak lebih menarik dan bersih.

Yuk, simak 5 Langkah Memasang Paving Block dengan benar!

5 Langkah Memasang Paving Block

Paving block merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk menutupi tanah. Bahan ini biasanya paling sering dipasang di halaman pekarangan atau taman rumah. Banyak orang yang menggunakan sebuah jasa hanya untuk memasang paving block

Namun, hal tersebut bukan berarti Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Sudah ada cara untuk hanya menyusun paving block dan kami akan segera memberi tahu langkah-langkah nya kepada Sahabat Roma sekalian.

Persiapan Alat dan Bahan

Gambar : grahadalungresidence.com

Sebelum memulai pemasangan, Anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan pendukung lainnya. Alat-alat yang perlu anda siapkan ini adalah cangkul, benang, stamper kuda, pasak, waterpass, dan sekop. Anda juga membutuhkan sebuah gerobak, palu karet, kayu kaso, stamper kodok, sapu, dan pemotong plester.

Sebagai bahan tambahan, Anda juga harus menyiapkan berupa paving block, kanstin beton, kapur, pasir. Semua ala-alat ini harus disiapkan sebelum memulai proses pemasangan.

Pembersihan dan Kompresi Permukaan

Gambar : mesincetakpaving.com

Langkah memasang paving block yang kedua adalah membersihkan dan mengeraskan permukaan atas. Anda dapat melakukan kegiatan ini dengan menggunakan cangkul untuk menyingkirkan batu, rumput liar, atau benda asing lainnya.

Langkah selanjutnya adalah memadatkan area kerja. Tahap ini dianggap paling penting karena dapat mempengaruhi daya tahan batu paving  yang diletakkan. Jika proses pengerasan tanah tidak baik, maka langkah memasang paving block akan menjadi sia-sia. Pastikan juga bahan paving block yang Anda miliki juga berkualitas baik, ya!

Meratakan dan Memasang Kanstin Beton

Gambar : tukangqu.com

Langkah memasang paving block yang selanjutnya adalah meratakan dan memasang kanstin beton. Kegiatan ini juga bisa disebut dengan levelling. Levelling adalah proses penentuan kemiringan dan ketinggian sebuah batu paving. Hal ini sangat penting untuk mencegah air mengalir melalui paving block dan membuat batu paving tidak rata.

Sehingga saat hujan tidak akan ada genangan air. Anda dapat menggunakan peralatan seperti watrpass, benang, dan peralatan lainnya yang dapat digunakan untuk leveling.

Selanjutnya, kanstin beton akan menentukan ketinggian batu paving. Sebelum meletakkan paving block, Anda perlu memperhatikan kanstin. Jika kanstin dipasang dengan benar, maka paving block tidak akan sulit dipindahkan. Mereka bahkan bisa saling mengunci dengan baik.

Proses Pemasangan Paving Block

Gambar : builder.com

Saat memasuki langkah memasang paving block, usahakan Anda memasangnya dengan hati-hati untuk memperoleh hasil yang  maksimal. Sebelum meletakkan paving block, ratakan abu batu sebagai material yang akan mendukung pemasangan.

Jika Anda belum tahu, abu batu adalah salah satu bahan terbaik karena memiliki ketahanan terhadap air yang sangat baik. Bahkan bisa menembus celah yang ada di antara naat paving block.

Proses Finishing

Gambar : tukangqu.com

Biasanya, pada tepi area kerja akan membutuhkan ukuran yang berbeda atau paving block yang tidak terisi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pemotongan paving block berdasarkan luasan yang tersisa. Namun, jangan khawatir karena ada alat khusus untuk memotong paving block.

Setelah seluruh area diberi dengan paving block, Anda dapat mengisinya dengan nat. Caranya sangat sederhana, cukup gunakan abu batu sebagai lem di antara batu paving. Proses finishing merupakan langkah terakhir dalam peletakan batu paving. Anda juga bisa membersihkan sisa kapur agar terlihat semakin rapi.

Langkah memasang paving block sebenarnya sangat mudah. Namun, hal itu membutuhkan beberapa keterampilan dan cara. Jika Anda merasa tidak memiliki pengetahuan dalam memasangnya, Anda dapat menyerahkan tugas ini kepada orang yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Itulah beberapa rekomendasi cara memasang paving block yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga dengan memahami cara tersebut rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan mewah.

 

Temukan lebih banyak produk-produk perlengkapan rumah terlengkap hanya di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Supermarket Bangunan kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Atau kunjungi media sosial resmi kami di :

taplink.cc/romabangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *