5 Langkah Memasang Plafon PVC Dengan Baik dan Benar – Ada berbagai macam bahan yang tersedia untuk membuat plafon saat ini, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda atau dengan desain rumah yang akan Anda bongkar. Selain gypsum, PVC merupakan salah satu bahan plafon yang banyak diminati, yang memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah kemudahan dalam proses pemasangannya, bahkan Anda bisa memasangnya sendiri.

Pada artikel kali ini, Roma Bangunan akan membagikan panduan langkah memasang plafon PVC yang bisa Anda lakukan di rumah. Jadi, simaklah langkah memasang plafon PVC di bawah ini hingga akhir ya!

5 Langkah Memasang Plafon PVC dengan Baik dan Benar

1. Siapkan Bahan Pemasangan Plafon PVC

Langkah memasang plafon PVC yang pertama adalah dengan menyiapkan bahan yang akan digunakan. Sebagai bahan, Anda dapat menyiapkan papan PVC, besi berlubang 2×4 dan 4×4, paku beton, sekrup, lem silikon, dan lembaran PVC.

Untuk bahan-bahan berukuran kecil dan sedang, letakkan di tempat penyimpanan terlebih dahulu agar tidak tercampur atau hilang. Jika kondisinya tersimpan dengan rapi, maka akan lebih nyaman memasang plafon PVC.

2. Mempersiapkan Perlengkapan Pemasangan Plafon PVC

Selain menyiapkan komponen dasar tersebut di atas, langkah memasang plafon PVC yang berikutnya adalah menyiapkan beberapa perlengkapan yang harus disiapkan agar pemasangan plafon PVC tidak bermasalah. Anda dapat menyiapkan peralatan yang diperlukan seperti bor, bor sekrup, cutter, gerinda, sku, pita pengukur, palu, dan lain-lain.

Siapkan juga sebuah tangga lipat untuk pemasangan plafon PVC. Anda dapat menggunakan tangga lipat kokoh yang berkualitas baik untuk menghindari resiko jatuh dan cedera.

3. Pemasangan Rangka Plafon PVC

Setelah menyiapkan bahan dan alat, Anda dapat langsung lanjut ke langkat memasang PVC. Pertama-tama, tandai ketinggian di langit-langit, jangan sampai melebihi ring balok, karena ini adalah bagian dinding yang sangat kokoh.

Sebagai cara pemasangan plafon PVC, Anda dapat membuat seragam dengan cara menandai sekeliling ruangan dengan selang air, dan ketinggian plafon minimal 3 meter. Selanjutnya Anda bisa mulai menempelkan besi cor berongga ke dinding menggunakan paku beton yang ukurannya akan disesuaikan dengan ukuran ruangan.

4. Memasang List Profil PVC

Langkah memasang plafon PVC yang selanjutnya adalah dengan menyisipkan list. Di bagian bawah bingkai Anda perlu memasang daftar yang dibuat sebelumnya menggunakan sekrup dan bor.

Mulailah untukmenyusun list di pinggir tembok, dimulai secara berurutan hingga perimeter diatur, lalu gunting bagian tertentu dengan gerinda atau gergaji agar hasilnya tetap rapi. Selama plafon terpasang rapi, estetika interior rumah tidak akan rusak!

5. Pemasangan Papan PVC

Setelah ditetapkan, Anda dapat melanjutkan ke langkah pemasangan plafon PVC berikutnya dengan menempelkan papan tersebut. Pasanglah sepotong papan PVC ke salah satu tepi dinding menggunakan sekrup dan bor. Kemudian masukkan sisi papan dalam list PVC.

Setelah memasang satu plat PVC dengan rapi, pasang bagian lainnya dengan menggunakan papan PVC hingga menutupi seluruh plafon. Namun, jangan lupa untuk memasang sekrup di setiap lembaran PVC sebelum melanjutkan ke yang berikutnya.

Plafon PVC tidak hanya mudah dipasang, tetapi juga memiliki keunggulann lainnya. Harganya sangat ekonomis, mudah ditemukan di pasaran, tidak memerlukan pengecatan, tersegel, dan tahan lama. Namun, penggunaan PVC pada plafon memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah rasa panas pada ruangan jika ketinggian pemasangan kurang dari 3 m.

Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam memasang plafon PVC di rumah Anda, ya!

Itulah beberapa rekomendasi langkah memasang plafon PVC yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga dengan memahami langkah memasang plafon OVC tersebut rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan nyaman.

 

Dapatkan produk idaman Sahabat Roma dengan cara Kunjungi Supermarket Bangunan kami atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan.

Kunjungi store kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *