memperbaiki atap bocor

Waspada Musim Hujan, Inilah 5 Tips Untuk Memperbaiki Atap Bocor! – Saat musim hujan telah datang, ketakutan dan kepanikan akan kemungkinan atap bocor menyerang. Takut atap bocor dan tiba-tiba runtuh sehingga dapat menyebabkan banjir.

Namun, jangan khawatir karena ada cara ampuh untuk memperbaiki atap bocor. Jika atap rumah kita bocor, tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas kita. Selain rumah kita bisa tergenang oleh air, atap yang bocor juga bisa merusak perabotan seperti lemari, kursi, dan perabotan kayu lainnya.

Suasana rumah pun semakin tidak menyenangkan karena banyak ember bertebaran di sudut rumah. Memang, jika Anda tahu cara memperbaiki atap, maka musibah seperti itu tidak akan terjadi. Jadi, jangan meremehkan cara memperbaiki atap bocor ini.

Efeknya bisa dibilang sangat mengganggu dan tidak menyenangkan jika terus Anda biarkan. Nah, silahkan simak baik-baik artikel kami tentang cara memperbaiki atap bocor ala Roma Bangunan dibawah ini. Cara-cara ini pasti akan membantu Anda.

Nah, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki atap bocor.

5 Cara Ampuh Memperbaiki Atap Bocor

1. Menggunakan Cat Anti Air

Gambar : aquaproof.co.id

Perubahan cuaca setiap tahun dapat menyebabkan atap rumah kita cepat bocor. Untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa atap secara teratur dan jangan lupa untuk membuatnya kedap air. Pertanyaannya, apakah Anda tahu cara memperbaiki atap bocor?

Sederhananya, peralatan anti air atau water-proofing  dapat membantu Anda untuk memperbaiki atap bocor. Cat yang mengandung cairan kedap air tidak akam memungkinkan air masuk, sehingga atap yang bocor dapat menjadi kedap air.

2. Perhatikan Kemiringan Atap

Gambar : courtina.id

Atap rumah biasanya dibuat miring agar air hujan dapat mengalir ke bawah secara merata. Akibatnya, jika bentuk atap rumah agak datar, maka air hujan akan melambat dan membuat beton dapat tergenang sehingga dapat menyebabkan kebocoran atap.

Perhatikan kemiringan atap, biasanya didesain 30 sampai 40 derajat. Penempatan dan perancangan atap yang hati-hati selama konstruksi dapat membuat atap Anda lebih aman.

3. Memperbaiki Genteng yang Kendor

Gambar : orami.co.id

Angin yang kencang dapat menyebabkan genteng dan seng melorot secara tidak sengaja. Jika terjadi demikian, maka Anda harus segera memperbaikinya kembali ke tempat semula yang tepat. Langkah ini memang tidak dapat dilakukan dengan segera, tetapi harus dilakukan secara teratur.

 4. Membersihkan Talang Air yang Kotor

Gambar : rumah.com

Talang air yang kotor, misalnya seperti penuh dengan daun yang mati dapat menghalangi saluran air hujan. Dalam hal ini, tentu saja talang air menjadi tidak dapat menyerap dan mengalirkan air dengan baik karena salurannya tersumbat.

Oleh karena itu, sebelum musim hujan, lebih baik Anda membersihkan kotoran di atap rumah. Jangan lupa juga untuk memeriksa dan membersihkan talang air secara teratur dan menyeluruh, ya!

5. Mengganti Genteng yang Retak atau Hancur

Gambar : bangun-rumah.com

Sering dengan berjalannya waktu, mungkin Anda pernah secara tidak sengaja menginjak genteng dan merusaknya. Tidak dapat disangkal juga bahwa genteng akan retak atau pecah karena usianya yang semakin tua. Namun, terkadang Anda melupakan hal tersebut dan membiarkannya apa adanya tanpa menggantinya.

Tentu saja masalahnya akan datang saat musim hujan. Bisa saja tiba-tiba air hujan menetes dan merembes ke ke dalam lantai rumah sehingga menyebabkan banjir. Dalam hal ini, jika genteng Anda rusak, maka segeralah untuk  menggantnyai.

Rekomendasi Pelapis Atap Pencegah Kebocoran Terbaik

1. Polimer atau Akrilik

Berikut adalah rekomendasi pelapis atap pencegah kebocoran pertama yang sangat populer dalam penggunaannya. Pertama, cukup aplikasikan saja pada atap yang akan dilapisi dengan kuas atau roller. Materialnya  sendiri merupakan material berbahan dasar polimer atau akrilik yang tahan air dan banyak digunakan dalam bentuk cat anti bocor dari berbagai merk.

Umumnya unsur polimer bersifat lebih elastis untuk digunakan sebagai pelapis atap atau genteng bocor, dan cat akrilik sendiri lebih umum digunakan sebagai cat dinding.

2. Semen atau Cairan Aditif

Pelapis atap high density berikutnya terdiri dari cairan penguat (aditif) yang mengandung campuran antar air dan semen. Meski bahannya berbeda, tetapi fungsinya tetap sama.

Artinya, kedua barang tersebut dapat membuat atap dan beton lebih kuat dan lebih kedap air. Banyak model atap modern juga menggunakan bahan ini sebagai pelapis cat karena kualitasnya yang sangat baik.

3. Bitumen

Lapisan atap kedap air yang terakhir adalah bitumen. Berbeda dengan dua pelapis atap sebelumnya. Bitumen ini berbasis aspal yang semakin sedikit pula pilihannya.

Oleh karena itu, hanya sedikit model atap modern yang menggunakan bahan ini untuk atapnya. Bitumen ini tersedia dalam bentuk pasta dan gulungan. Ketika Anda ingin memasangnya, sangat disarankan untuk seseorang yang benar-benar ahli untuk memasangnya.

Itulah beberapa rekomendasi untuk memperbaiki atap bocor yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga dengan memahami cara tersebut rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan nyaman.

 

Temukan lebih banyak produk-produk perlengkapan rumah terlengkap di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Supermarket Bangunan kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Atau kunjungi media sosial resmi kami di :

taplink.cc/romabangunan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *