You are currently viewing 6 Kesalahan Merawat Peralatan Rumah Tangga

6 Kesalahan Merawat Peralatan Rumah Tangga

6 Kesalahan Merawat Peralatan Rumah tangga – Pemilihan perabotan rumah tangga yang mengedepankan fungsui dan model bukanlah perkara yang mudah. Mulai dari menentukan peralatan rumah tangga yang paling sesuai dengan kebutuhan rumah, hingga mencari merek yang dikenal tahan lama, membutuhkan pertimbangan yang matang dan banyak waktu. 

Kesalahan Merawat Peralatan Rumah Tangga dapat menghasilkan pengeluaran yang jauh lebih besar. Namun, peralatan rumah tangga berkualitas pun tidak luput dari kerusakan. Hal ini normal untuk peralatan rumah tangga rusak, terutama jika mereka telah digunakan untuk waktu yang lama dan sering digunakan. 

Kesalahan Merawat Peralatan Rumah Tangga

Sayangnya, yang lebih sering terjadi adalah kesalahan merawat peralatan rumah tangga yang rusak sebelum waktunya. Alasannya beragam, bisa jadi, kebiasaan kita selama ini menjadi faktor utama dalam rusaknya peralatan rumah tangga.

Apa Saja Kesalahan Merawat Peralatan Rumah Tangga?

Ada banyak cara sederhana untuk merawat peralatan rumah tangga. Untuk membantu Anda memulai, periksa beberapa kesalahan yang perlu Anda hindari agar peralatan rumah tangga Anda tidak rusak.

Mengisi kulkas terlalu penuh

Peringatan untuk kesalahan merawat peralatan rumah tangga sesuai dengan kapasitasnya tidak boleh diabaikan termasuk lemari es. Terkadang, kita terpaksa memasukkan makanan baru meskipun kulkas cukup penuh dengan makanan lama. Terlalu banyak makanan dalam peralatan rumah tangga yang satu ini akan menghambat sirkulasi udara. 

Padahal, sirkulasi ini sangat penting untuk menjaga suhu kulkas tetap dingin. Akibatnya, mesin kulkas harus bekerja ekstra untuk menciptakan uap udara berlebih yang merusak mesin dan isi kulkas. Hal yang sama berlaku untuk freezer. Jadi, pastikan untuk membersihkan semua peralatan rumah tangga secara teratur, seperti 1 bulan 3-4 kali.

Menggunakan deterjen untuk mesin cuci

Deterjen khusus untuk mesin cuci dibuat bukan tanpa alasan. Deterjen cuci tangan menghasilkan terlalu banyak busa sehingga tidak cocok untuk alat rumah tangga yang satu ini. Akibatnya, mesin cuci yang menggunakan deterjen pencuci tangan akan cepat rusak. 

Pakaian juga menjadi tidak terlalu bersih karena air yang kapasitasnya telah ditentukan oleh mesin cuci tidak cukup untuk membilas semua busa. Lebih baik menghabiskan lebih banyak untuk membeli deterjen mesin cuci khusus daripada memperbaiki mesin cuci.

Jangan langsung membersihkan bagian dalam peralatan rumah tangga setelah digunakan

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan, terutama dalam peralatan rumah tangga untuk makanan, seperti penanak nasi, pemanggang roti, dan oven. Bahkan, sisa-sisa makanan yang tersisa di dalamnya setelah digunakan dapat merusak mesin pemanas dan seiring waktu akan berubah menjadi jamur. Belum lagi kemungkinan kedatangan serangga atau tikus.

Tidak hanya peralatan rumah tangga yang berisiko, tetapi juga kesehatan keluarga. Jadi, sebelum menjadi tempat bersarang tikus, lebih baik segera bersihkan peralatan rumah tangga Anda setelah digunakan, oke? Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mencari cara untuk menyingkirkan tikus atau hewan pengganggu lainnya. 

Tidak memeriksa kantong pakaian sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci

Bukan hanya peralatan rumah tangga yang perlu Anda perhatikan. Barang-barang yang termasuk dalam peralatan rumah tangga juga tidak boleh dibiarkan begitu saja. Perubahan dan barang-barang kecil lainnya yang biasanya disimpan di saku sering lupa dikeluarkan sebelum dicuci. Bahkan, barang-barang kecil dapat menyebabkan masalah besar untuk peralatan rumah tangga ini. 

Gesekan yang disebabkan ketika mesin cuci berputar dapat merusak saluran pembuangan yang bisa sangat sulit untuk diperbaiki. Selain mengosongkan kantong, Anda juga bisa menutup ritsleting dan mengancingkan pakaian yang akan dicuci agar barang-barang kecil tidak lepas dan menyumbat saluran pembuangan.

Menempatkan makanan panas di lemari es

Sering mendengar larangan memasukkan makanan panas ke dalam kulkas? Ya, makanan yang sangat panas akan bertentangan dengan suhu dingin alat rumah tangga yang satu ini. Suhu di dalamnya juga akan berubah dan merusak mesin dan makanan lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendinginkan makanan sebelum memasukkannya ke dalam lemari es. Diamkan 15-30 menit untuk makanan di bawah 90 °C dan 30-60 menit selama di atas 90 °.

Meninggalkan pakaian bersih yang sudah terlalu lama tidak dikeringkan di mesin cuci

Kelembaban dalam peralatan rumah tangga apa pun akan menyebabkan jamur. Oleh karena itu, pastikan Anda mengeringkan peralatan rumah tangga segera setelah digunakan. Khusus untuk mesin cuci, kesalahan ini cukup sering terjadi. Kelembaban dari pakaian akan menyebar ke berbagai bagian alat rumah tangga ini, dengan kerusakan paling banyak adalah drum. 

Segera lepaskan dan keringkan pakaian setelah dicuci selesai untuk menghindari jamur. Jangan lupa juga untuk mengeringkan bagian dalam mesin cuci untuk memastikan tidak ada kelembaban yang tersisa.

Penutup

Hal yang paling terpenting dalam mengetahui kesalahan merawat peralatan rumah tangga dari kerusakan dini adalah dengan menggunakan peralatan berdasarkan fungsinya dan menggunakan peralatan pendukung yang sesuai.

Temukan lebih banyak produk-produk perlengkapan rumah terlengkap hanya di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Supermarket Bangunan kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Tinggalkan Balasan