Cat dinding rumah cepat kusam

Cat Dinding Rumah Cepat Kusam? Mungkin 3 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Cat Dinding Rumah Cepat Kusam? Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya – Cat dinding rumah cepat kusam adalah masalah yang paling sering ditemukan oleh banyak orang. Namun, hal itu dapat diatasi jika kita memperhatikan teknik pengecatan dengan baik.

Dinding rumah sendiri merupakan komponen paling penting yang melindungi sang pemilik rumah dari ancaman bahaya yang datang dari luar, seperti hujan dan kemarau. Selain itu, dinding yang indah juga dapat mendatangkan aura positif dan pemandangan yang akan dilihat setiap hari oleh pemilik rumah. Sebaliknya, dinding yang buruk bisa jadi dapat mendatangkan aura yang negatif di dalam rumah.

Cat adalah hal yang sangat melekat dengan dinding rumah. Oleh karena itu, pemilih rumah biasanya akan memilih cat dinding yang tepat dan sesuai selera. Tujuannya, agar dinding rumah tersebut menjadi indah dan membuat suasana rumah menjadi nyaman ketika melihatnya.

Akan tetapi, yang sering terjadi di Indonesia adalah ketika kita baru saja melapisi dinding dengan cat pilihan, tak lama kemudian cat dinding rumah cepat kusam, bahkan memudar. Tidak hanya itu, terkadang cat dinding bisa sampai mengelupas. Hal tersebut disebabkan karena perubahan cuaca yang ekstrim antara panas dan dingin yang ada di negara tropis.

Untuk membuat cat dinding rumah yang lebih bertahan lama, ada cara-cara yang harus diikuti. Misalnya, mengetahui jenis cat yang akan digunakan, memastikan lapisan dinding sudah siap ketika akan diberi cat, dan persiapan yang lain.

Nah, ini lah beberapa hal yang menyebabkan cat dinding rumah cepat kusam :

Pemilihan Cat Dinding Yang Kurang Tepat

Sebelum melakukan pengecatan pada dinding, Anda perlu mengetahui area dinding yang akan dilapisi dengan cat. Apakah itu dinding bagian luar atau dalam, sebab hal tersebut akan mempengaruhi jenis cat. Karena kedua jenis dinding tersebut membutuhkan perlakuan yang berbeda.

Baca Juga :  Barang Wajib Rumah Tangga Di Rumah

Sebaiknya anda menggunakan cat dinding khusus untuk bagian luar (eksterior) jika ingin melakukan pengecatan pada dinding luar. Begitu juga sebaliknya, jika anda ingin melakukan pengecatan pada dinding dalam maka gunakanlah cat dinding dalam. Pasalnya, cat dinding eksterior dan inferior memiliki bahan dasar yang berbeda sehingga dapat mempengaruhi kekuatan cat di sebuah dinding.

Baca Juga : 6 Tips Menerapkan Warna Terakota Pada Interior Rumah Agar Terlihat Lebih Elegan

Tidak Membersihkan Lapisan Cat Juga Dapat Menyebabkan Cat Dinding Rumah Cepat Kusam

Kesalahan kedua yang sering menyebabkan cat dinding rumah cepat kusam adalah tidak membersihkan permukaan terlebih dahulu sebelum melakukan pengecatan. Jika tidak dibersihkan dan langsung diberi cat begitu saja, maka cat yang baru tidak akan bertahan lama. Hal tersebut dapat menyebabkan cat dinding rumah cepat kusam dan mengelupas bersama cat yang lama di tembok.

Jadi, sebelum melakukan pengecatan pastikan Anda sudah membersihkan cat yang lama agar bersih dari sisa kotoran cat yang sebelumnya. Kita bisa membersihkan kotoran di dinding dengan menggunakan amplas. Selain itu, cat yang lama bisa jadi sudah kadaluwarsa sehingga tidak melekat dengan kuat sehingga membuat cat yang baru bisa ikut terkelupas.

Pastikan juga dinding rumah Anda terbebas dari jamur karena cat baru yang bersih jika terkena jamur dapat membuat warna cat menjadi tidak solid.

Tidak Menggunakan Cat Dasar

Jika sebuah dinding baru pertama kali dilakukan pengecatan, sebaiknya cat baru pada dinding tersebut dilapisi dengan cat dasar. Warna dasar yang baik adalah warna putih. Baru setelah itu Anda bisa menerapkan warna cat apapun pada dinding Anda.

Sebelum melakukan pengecatan yang kedua, pastikan warna dasar cat pada dinding tersebut sudah kering. Dengan itu warna cat pada dinding rumah Anda akan terlihat solid dan lebih bertahan lama.

Baca Juga :  5 Langkah Memasang Paving Block Untuk Halaman Rumah

Dalam proses pengecatan pun alangkah baiknya kita membaca aturan yang terdapat pada sebuah cat terlebih dahulu. Lakukan proses pengecatan mulai dari bagian yang teratas terlebih dahulu, mulai dari langit-langit lalu turun ke bawah. Gunakan kuas untuk permukaan yang sempit dan tepi bidang, gunakan roller untuk permukaan yang luas. Hal ini juga perlu diperhatikan agar cat dinding rumah tidak cepat kusam dan mengelupas.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan cat dinding rumah cepat kusam dan mengelupas.

Tinggalkan Balasan