CIRI-CIRI KPR DITOLAK BANK

Kenali 5 Ciri-Ciri KPR Ditolak Bank yang Wajib Kamu Tahu

Kenali 5 Ciri-Ciri KPR Ditolak Bank yang Wajib Kamu Tahu – Semua orang pasti ingin rumah yang aman. Lokasinya strategis, dekat sekolah, tempat kerja, pusat kota, dan suasana lingkungannya nyaman. Disini pasti setiap anggota keluarga sudah bisa membayangkan nanti seperti apa dekorasi kamar, warna cat, bahkan indahnya taman di halaman rumah.

Akan tetapi saat memproses rumah ini, maka disarankan untuk berhati-hati supaya nanti jangan sampai kredit kepemilikkan rumah ditolak bank. Tentunya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini. Misalnya bisa berasal dari rumah yang akan dibeli, status pihak pengembang dan masih banyak lagi.

Akan tetapi tahukah kamu jika tidak semua kpr itu disetujui oleh semua pihak bank. Ada banyak pertimbangan yang membuat pihak bank memutuskan untuk menerima atau menolak pengajuan kredit masyarakat. Salah satunya adalah status kredit mu yang nantinya akan di cek di OJK. Jika jelek maka secara langsung, pengajuan mu akan di tolak. Lalu seperti apakah ciri-ciri KPR ditolak pihak bank?

Ciri-Ciri KPR Ditolak oleh Bank

Status Rumah

Disini disarankan untuk memeriksa dahulu status rumah yang ingin Anda di beli dengan seksama untuk menghindari nantinya ditolak bank. Masih ada banyak rumah, khususnya rumah bekas, yang bermasalah. Pertama, mengenai surat kepemilikan ganda.

Kedua, mungkin saja karena ketidak setujuan antara para ahli waris pemilik rumah yang akan dijual nanti, sehingga menimbulkan permasalahan mengenai harga dan cara pembayaran. Apabila nanti ini terjadi, tentulah sulit untuk bertransaksi sebab tidak tahu siapa yang berhak mewakili keluarga. Inilah ciri-ciri KPR ditolak.

Kelengkapan Dokumen

Ciri-ciri KPR ditolak pun biasanya akan dilihat dari kelengkapan dokumen pada saat pengajuan. Biasanya pihak bank hanya berpegangan pada surat yang sudah berkekuatan hukum. Jadi jika semua dokumen masih kurang, maka bisa jadi KPR akan ditolak bank. Itulah mnegap sebelum kamu mengajukan kredit, cek dulu kelengkapan dokumen yang akan disertakan. Ini akan menjadi pertimbangan buat pihak bank.

Baca Juga :  Sangat Cocok, Inilah 2 Rekomendasi Living Room Terbaik Untuk Sahabat Roma

Kelengkapan dokumen yang dimaksud bisa berupa;

  • Surat kepemilikan seperti sertifikat hak milik, sertifikat hak guna bangunan, maupun itu sertifikat hak pakai
  • Akte jual beli
  • Sertifikat IMB
  • Surat PBB
  • Bukti pembayaran tagihan PDAM, telepon, juga listrik

Biasanya jika berkas yang lengkap maka akan mempercepat proses jual beli serta akan mengurangi resiko ditolak bank. Disinilah kamu harus tahu ciri-ciri KPR ditolak.

Status Pengembang

Kebanyakan bank yang menyediakan fasilitas KPR itu biasanya akan bekerja sama dengan beberapa pengembang yang terpercaya. Pada saat mengajukan KPR, pengembang pun sudah memiliki hubungan kerja sama dengan bank yang kamu pilih dengan tujuan untuk mempercepat proses pengajuan kredit karena mereka sudah mempunyai banyak pembeli rumah yang disetujui KPR nya. Itulah mengapa supaya KPR diterima bank, pilihlah pengembang yang terpercaya di mata bank.

Baca Juga : 4 Opsi Desain Kamar Mandi Teranyar Untuk Hunian Sederhana

Kualitas Kredit

Kualitas kredit yang jelek pun nyatanya adalah ciri-ciri KPR ditolak bank. Biasanya pihak bank nantinya akan mengecek kualitas kredit kamu yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Salah satu syarat utama yaitu dengan memiliki status kredit yang baik untuk berbagai pembayaran angsuran.

Kesanggupan Membayar Cicilan

Ciri-ciri KPR ditolak yang terakhir yaitu mengenai kemampuan kamu saat membayar angsuran KPR. Beberapa bank biasanya akan menetapkan 30% dari pendapatan per bulan dimana ini menjadi standar rujukan kesanggupan saat mencicil. Disinilah kamu harus pikirkan secara matang backlink gratis. Seperti apa kesanggupan kamu akan melunasinya? Cobalah untuk Menyusun atau membuat rencana keuangan.

Biasanya bank akan melihat kemampuan kamu untuk membayar apabila mempunyai penghasilan tetap, dimana nantinya akan di verifikasi sebelum memberikan kredit. Disamping itu, bank pun akan melihat jumlah tabungan kamu sebagai cadangan pembayaran terhadap penghasilan tetap. Kondisi keuangan yang tidak baik bisa menyebabkan KPR ditolak bank.

Baca Juga :  8 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Saluran Air Mampet

Dengan membeli rumah maka ini adalah sebuah investasi yang melibatkan strategi jangka panjang. Untuk itu disarankan untuk kamu mempunyai kondisi keuangan yang cukup baik sebelum mengajukan KPR. Bukan hanya itu saja, perhatikan juga mengenai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan serta mengenai reputasi si pengembang.apa yang disebutkan diatas adalah ciri-ciri KPR ditolak bank sehingga kamu harus hati-hati.

Penutup

Demikian artikel mengenai 5 ciri-ciri kpr ditolak bank ini kami buat. Dalam artikel ini kami menyadari betul bahwa ciri-ciri tersebut tidaklah bersifat pasti. Semua orang bisa saja memiliki ciri-ciri yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi. Selain itu juga Bank memiliki otoritas secara subyektif dalam memilih debitur yang disetujui dan tidak.

Jika anda merasa mengetahui adanya ciri-ciri lain yang belum kami tulis pada artikel ini, atau mungkin saja tidak sependapat dengan kami, silahkan tulis di komentar. Sedangkan untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar artikel-artikel lainnya pada website roma bangunan, silahkan pilih menu inspirasi di bagian atas.

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan