Inspirasi Taman Dalam Rumah yang Bisa Kamu Tiru

Memiliki lingkungan yang asri dan hijau tentunya menjadi impian tiap orang. Hijaunya tanaman membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. Bukan cuman dari segi visual saja, namun kehadiran tanaman di rumah juga memperbaiki sirkulasi udara. Wajar jika menerapkan desain taman dalam rumah menjadi salah satu pilihan yang bisa diaplikasikan di rumah impian.

Untuk membuat taman dalam rumah atau akrab disebut Courtyard, kamu tidak perlu sampai melakukan renovasi besar-besaran. Kalau di dalam hunianmu ada space atau ruang kosong, kamu bisa langsung menyulapnya menjadi taman dalam rumah yang menarik, lho! Nah, di bawah ini Kania sudah menyiapkan beberapa desain taman dalam rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi. Daripada penasaran, langsung saja intip bersama, yuk!
Taman Dalam Rumah Scandinavian
ideasdecor.com
Desain taman dalam rumah ini cocok untuk pecinta rumah minimalis yang mengusut konsep scandinavian ala hunian jepang. Di area taman dalam rumah ini terdapat sebuah tempat khusus untuk meletakkan aneka tumbuhan yang diberi sekat kayu minimalis. Sementara itu, bagian dindingnya, taman dalam rumah ini menggunakan material batu alam pada satu sisi dan kayu pada sisi lainnya sehingga nuansa alamnya jadi sangat terasa.
Di area lainnya kamu bisa meletakkan furnitur taman, seperti meja atau kursi teras untuk bersantai. Untuk area dinding kamu bisa menempelkan hiasan dinding berupa lukisan atau bingkai foto supaya terlihat lebih estetik. Tak lupa, gunakan tanaman rambat yang menggantung di bagian atas juga menjadikan taman dalam rumah ini tampak lebih hijau dan indah.

Taman Dalam Rumah dengan Kolam

houzz.com

Kamu hobi bercocok tanam dan memelihara ikan? Kalau begitu, inspirasi taman dalam rumah ini adalah pilihan yang tepat untukmu karena taman ini dikelilingi oleh kolam minimalis yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal ikan. Di tengah-tengah kolam berikan batu agar kamu bisa lebih dekat dengan ikan kesayanganmu.

Sementara itu, di bagian dinding taman dalam rumah ini sediakan sebuah space kecil untuk menanam aneka tumbuhan dan tambahkan pancuran air kecil agar kolam tampak hidup dan memerikan suara gemercik air yang menenangkan. Jangan lupa tambahkan lampu di sekiar taman dalam rumah ini supaya saat malam hari tetap terlihat dan malah tampil menawan.

Taman Dalam Rumah di Area Kamar Mandi

home-designing.com

Bayangkan berendam di dalam bathtub sambil menghirup aromaterapi rasanya sangat menenangkan, apalagi jika kamu membuat taman dalam rumah di area kamar mandi tersebut. Wah, rasanya seperti sedang liburan di Bali, ya!

Untuk mewujudkan taman dalam rumah ini, kamu harus menyisakan sedikit ruang di area kamar mandi. Kemudian, buatlah jalan setapak kecil dan taburi batu kerikil di sekitarnya. Setelah itu, kamu tinggal tambahkan aneka tumbuhan di taman dalam rumah ini. Dengan demikian, kamu bisa merasakan sensasi mandi di alam tanpa mengganggu privasi. Inspirasi taman dalam rumah ini sangat memanjakan mata, bukan?

theultralink.com

Tujuan utama dari mengintegrasikan desain ruang taman dalam rumah adalah untuk memfasilitasi pencahayaan alami. Jadi mengapa tidak menambahkan beberapa pola pada bangunan dan menciptakan beberapa dinamisme di dalamnya? Jika ada budget lebih, kamu bisa membuat sebuah kolam kecil di ruang keluarga sehingga menciptakan eleman menarik yang menghidupkan ruang. 

Kamu pun bisa menggunakan ruang pada sisi kiri dan kanan foyer rumah dengan permainan cahaya dan membuat area ini terlihat sangat estetis. Berikan sebuah pohon di tengah agar rumahmu tetap rindang di siang hari.

Area Terbuka di Tengah Rumah

falstaff.de

Jika kamu mempertimbangkan pentingnya sirkulasi udara, ruang makan dengan taman yang terbuka mungkin menjadi salah satu alternatif yang baik. Paduan interior rumah dengan karakter ini pun kerap menjadi pilihan yang menarik, terlebih rumah hijau menjadi perhatian khusus seiring isu pemanasan global.

Taman dalam rumah ini dibuat terbuka, alias tanpa atap. Dengan demikian, semua tumbuhan yang ditamam di area taman dalam rumah ini juga bisa mendapatkan cahaya matahari yang memadai. Selain hemat energi, sirkulasi udara menjadi makdimal di dalam rumah. Kamu pun akan merasakan betapa asrinya sebuah rumah yang akan membuat kamu betah berlama-lama.

Membuat taman dalam rumah memang susah-susah gampang. Kuncinya adalah kamu mengetahui konsep apa yang akan diterapkan dan ketekunan untuk merawatnya. Nah, kalau dari semua inspirasi di atas, kamu paling suka desain taman dalam rumah yang mana? Selamat membuat taman dalam rumah!

Kalau kamu sedang mencari bahan untuk renovasi rumah? Semuanya tersedia di Roma Bangunan. Mulai dari batu alam, lampu sorot, lampu taman, lantai vinyl, keramik berpola batu alam, pompa air, hingga rumput sintetis. Yuk langsung saja kunjungi halam Roma Bangunan atau langsung checkout di Tokopedia Roma Bangunan. !

Kunjungi store kami di :
📍Roma Bangunan Tuparev : Jalan Tuparev No. 244
📍Roma Bangunan Telukjambe : Jalan Wirasaba No. 78
📍 Roma Bangunan Subang : Jl. Ottoiskandardinata no 121

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *