material renovasi rumah

9 Material Renovasi Rumah Yang Harus Tersedia Ketika Membangun Rumah

9 Material Renovasi Rumah Yang Harus Tersedia Ketika Membangun Rumah – Dalam membangun rumah dimulai dari nol maupun renovasi, memang memerlukan perhitungan serta mempersiapkan uang. Anda juga wajib untuk menyiapkan bahan bangunan apa saja yang dibutuhkan dalam prosesnya. Tentu keinginan semua orang membuat rumah sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kelebihannya jika ikut merencanakan sedari awal dalam pembangunan rumah tentu akan mengetahui apa saja bahan bangunan yang digunakan serta kualitasnya. Anda juga bisa memperhitungkan secara cermat berapa uang yang digunakan kan saat membeli bahan bangunan ini. Apabila tidak sesuai dengan budget, maka tetap bisa merencanakan nya untuk dibangun secara bertahap.

Terdapat sejumlah jenis bahan material renovasi rumah yang biasa dipakai untuk membangun rumah. Anda bisa memperhatikan sejumlah daftar berikut dan menentukan mana saja daftar bahan yang dibutuhkan. Berikut ini beberapa daftarnya:

Batu Fondasi

Bahan ini dipakai untuk membangun fondasi sebuah rumah. Dalam membuat pondasi rumah bisa dengan menggunakan batu Gunung, batu kali atau batu bata. Fondasi yang kokoh akan membuat rumah awet dan tidak mudah retak khususnya di bagian lantai dan dinding.

Semen

Fungsi semen untuk membangun sebuah rumah sangatlah penting. Kegunaannya mulai dari untuk merekatkan batu pondasi, menyambungkan batu batang untuk dinding rumah, untuk plester dinding sampai dengan membuat lantai semen ekspos. Karena banyaknya semen yang diperlukan, seringkali untuk menghematnya maka semen digantikan dengan gamping.

Pasir

Bersama dengan adonan semen dan air, hasil selanjutnya akan menjadi adonan untuk merekatkan batu. Ini akan membuat dinding dan tiang menjadi lebih kokoh. Secara kualitas memang tidak berbohong, bahwa semakin bagus kualitas pasir yang dipakai maka adonannya akan semakin kuat dan baik.

Baca Juga :  15 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Top & Front Loading dan 2 Tabung Terbaik Untuk Anda

Baca Juga : 6 TIPS DESAIN RUMAH GAYA FARMHOUSE MODERN

Baja

Material renovasi rumah selanjut adalah baja. Baja memiliki fungsi sebagai perangkat yang bisa memperkuat dinding. Baja ringan juga seringkali dipakai untuk menahan atap dan jika ingin memilih atap baja ringan untuk konstruksi, maka memang harus menggunakan bahan terbaik.

Kayu dan Bambu

Selain dipakai sebagai bahan untuk konstruksi, kayu yang juga sering dipergunakan untuk Kusen, lantai, dinding serta tangga. Sementara itu bambu seringkali dibutuhkan dalam proses pembangunan.

Batu Kerikil Pecah Atau Batu Split

Batu kerikil atau batu split menjadi material renovasi rumah yang umum digunakan sebagai campuran pasir dan semen dalam membuat beton. Batas baiknya memiliki ukuran yang berbeda-beda dimulai dari 5 hingga 50 mm dengan rentang jarak setiap 5 mm. Untuk ukuran yang memiliki fungsi berbeda-beda tergantung dari pembangunan materialnya.

Batu Tanah Liat

Batu bata tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan sebuah rumah. Sifatnya yang relatif kokoh dan adem membuat begitu diminati. Agar bisa menghemat, bata seringkali digantikan dengan batako yang cenderung lebih terjangkau. Namun, memang tidak sekuat batu bata dan cenderung lebih panas.

Material yang sekarang disukai konsumen yaitu bata ringan atau juga disebut hebel. Bata putih ini terbuat dari campuran semen, pasir kuarsa, gypsum, kapur, aluminium pasta, serta air. Dengan sifatnya yang cenderung lebih kuat dan ringan dibandingkan bata tanah liat, harganya memang lebih mahal dan harus direkatkan menggunakan semen mortar.

Genteng

Genting dari tanah liat juga dapat dibilang sangat disukai di Indonesia. Untuk alternatifnya, biasanya juga tersedia asbes serta metal yang ringan, namun lebih cepat menghantarkan panas ke dalam ruangan. Ada juga genteng berbahan plastik atau karet daur ulang yang relatif lama lingkungan serta aman dari gempa.

Baca Juga :  Selain Hemat Waktu, Inilah 5 Kelebihan Dishwasher

Fabric

Di masa lalu, mungkin sering melihat kain digunakan sebagai material untuk tempat tinggal misalnya tenda. Dengan perkembangan kain sintetis, menggunakan fabric sebagai bahan pembuat rumah semakin populer.

Banyak penginapan atau Villa yang memakai konsep glamping atau perkemahan kain menjadi material utamanya. Disamping itu, kanopi modern yang digunakan pada sejumlah bangunan sekarang ini banyak dipasang memakai kain fleksibel yang ditopang oleh sistem kabel baja.

Itulah pembahasan mengenai berbagai material renovasi rumah yang umumnya digunakan untuk pembangunannya. Semakin bagus kualitas dari material tersebut maka tentunya rumah yang dibangun juga akan semakin kokoh dan tahan lama. Kami harap artikel bermanfaat bagi anda.

Apabila anda tertarik untuk membangun atau merenovasi rumah anda sendiri, anda dapat membeli material renovasi rumah tersebut di toko kami, roma bangunan. Kami pastikan produk-produk di toko kami memiliki kualitas dan harga terbaik. Roma bangunan sebagai supermarket bangunan no 1 juga akan memberikan promo-promo spesial untuk anda semua.

Untuk dapat mengetahui informasi seputar promo-promo terbaru dari roma bangunan, silahkan klik di sini atau klik pada menu INFO PROMOSI. Anda juga bisa mengunduh katalog promosi melalui halaman katalog promosi yang ada di bagian menu atas.

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan