You are currently viewing Mending Mana ? Ngontrak atau Nyicil Rumah

Mending Mana ? Ngontrak atau Nyicil Rumah

Bagi keluarga muda, penting untuk mempertimbangkan plus dan minus keduanya. Maka itudi sini akan kami jelaskan apa saja untung dan rugi dari ngontrak atau nyicil rumah.

Jika Ngontrak Rumah

Meski sementara, mengontrak rumah memiliki beberapa keuntungan tersendiri, terutama untuk keluarga muda yang mempunyai penghasilan terbatas. Jika dibandingkan dengan membeli rumah langsung, mengontrak justru menguntungkan dalam jangka pendek sambil menabung untuk membeli rumah impian.

1. Pengeluaran Jadi Lebih Murah

Sewa rumah atau ngontrak dinilai lebih terjangkau dan murah dibandingkan menyicil beli rumah. Tentu saja hal ini akan sangat membantu dan menjadi solusi pasangan muda yang belum stabil secara finansial namun ingin hidup mandiri. Kamu juga tak perlu memikirkan pajak jika membeli rumah, di mana ada pajak pembelian properti tidak murah.

2. Lokasi Lebih Terjangkau

Jika kamu dan pasanganmu sedang aktif bekerja, tentu pilihan lokasi tepat tinggal di kota akan lebih efektif. Dengan mengontrak rumah, kamu akan mendapatkan tempat tinggal di tengah kota dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan membeli rumah di tengah kota relatif mahal dan memerlukan pengeluaran lainnya.

3. Tidak Ada Biaya Perawatan

Jika kamu beli rumah, akan ada biaya perawatan dan renovasi. Walaupun kamu tidak berniat melakukan renovasi apapun, kamu tetap harus menyiapkan cadangan biaya tidak terduga ketika atapmu bocor saat hujan. Berbeda dengan mengontrak, kamu bisa lapor ke pemilik rumah untuk melakukan renovasi pada kerusakan

Baca Juga :  8 Rekomendasi Tanaman Pengharum Ruangan

Jika Ngontrak Rumah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Memiliki dan tinggal di rumah sendiri menjadi salah satu impian dari pasangan muda. Tetapi, sayangnya beli rumah tidak semudah membalikan telapak tangan sebaiknya perhatikan dulu poin-poin berikut !

1. Aset Investasi di Masa Depan

Dengan membeli rumah itu berarti kamu telah melakukan investasi pada properti yang harganya tentu saja akan terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Di masa depan nanti, kamu dapat menjual lagi rumah tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi. Walaupun memang cicilan per bulan dari beli rumah terbilang besar, tetapi bisa melihat manfaatnya di masa depan, tentu akan menguntungkanmu.

Jika tidak ditempati atau belum menikah, kamu dapat menyewakan rumah tersebut atau menggunakannya sebagai kost. Tentu saja penghasilan tersebut dapat meringakan biaya cicilan rumahmu. Memang, cicilan beli rumah yang ditanggung terasa berat, tapi kamu akan merasakan hasilnya jika nanti angsuran sudah berakhir.

2. Rumah Menjadi Hak Milik

Dengan membeli rumah sendiri tentu tempat tersebut menjadi permanen dan dapat kamu tinggali hingga berpuluh-puluh tahun ke depan. Kamu juga dapat menjadikan rumah tersebut sebagai warisan kepada anak dan cucu kamu nanti. Beli rumah sendiri sangat cocok bagi kamu yang memang berencana membangun keluarga, khususnya keluarga besar.

Dengan menjadi hak milik, kamu bebas melakukan apapun terhadap rumahmu tersebut yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga, berbeda dengan rumah kontrakan yang memiliki aturan dalam renovasi rumah.

3. Lokasi Tidak Begitu Fleksibel

Memilih rumah di tengah kota tentu saja tak luput dari harga rumah yang tergolong cukup mahal dan sulit terjangkau bagi pasangan muda pada umumnya. Sehingga rumah di pinggiran kota menjadi solusi karena harganya yang lebih terjangkau. Sebagai konsekuensinya, tempat tinggalmu akan jauh dari tempat kerja dan menempuh jarak yang tidak sebentar yang pastinya akan menambah ongkos perjalanananmu

Baca Juga :  7 Rekomendasi Pagar Rumah Terbaik Untuk Sahabat Roma

4. Pengajuan Kredit Rumah

Untuk mengajukan kredit rumah kamu akan dihadapi banyak persenyaratan yang harus dipenuhi. Tak hanya itu, kamu juga harus menyiapkan uang muka, minimal 10-30% dari harga rumah. Jika kamu tidak memiliki pekerjaan tetap, membeli dengan cicilan seperti KPR tentu akan sangat beresiko dan memerlukan pengaturan keuangan harus sangat cermat untuk menghindari kredit macet ditengah jalan.

Kesimpulan

Nah bagaimana, setelah melihat pembahasan di atas, sudah tahu ingin memilih ngontrak atau nyicil rumah?

Sebenarnya, yang paling mengetahui kemampuanmu adalah dirimu sendiri. Tidak ada yang lebih baik, tapi sesuaikanlah dengan kebutuhan, tujuan serta kemampuan dari kamu serta pasangan.

Akan tetapi jika kamu berniat untuk membangun atau melakukan renovasi pada hunianmu, kamu dapat menghubungi  Roma Bangunanatau kamu dapat konsultasikan kebutuhan material yang sesuai dengan budgetmu dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan material terbaik.

Kunjungi Store kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

This Post Has 2 Comments

  1. Maldini

    Kalo kata saya mending ambil rumah min, sayang klo ngontrk ga bsa jadi hak milik hehe

    1. admin

      benar kalau ada dana lebih bisa diusahakan buat nyicil rumah

Tinggalkan Balasan