You are currently viewing Mengenal Desain Rumah Japandi yang Tren di 2021

Mengenal Desain Rumah Japandi yang Tren di 2021

Desain ruangan ala budaya Timur dan Barat memang berbeda. Namun, siapa yang menyangka jika keduanya digabungkan akan menghasilkan suatu gaya desain interior yang harmonis? Salah satu contohnya adalah Japandi Style. Gaya ini adalah perpaduan antara desain Japanese dan Scandinavian. Maka dari itu, keduanya disingkat menjadi “Japandi“. Japandi merupakan desain interior yang mengedepankan esensialisme, fungsionalitas, dan kesederhanaan

Apa Saja Elemen dalam Style ini?

Elemen pertama tentunya desain khas Japanese Style. Gaya desain interior yang satu ini terkenal dengan unsur tradiosionalnya yang elegan. Konsep desain Japanese mengusung gaya “wasabi-sabi“, atau yang berarti ‘terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan’.

Konsep tersebutlah yang dalam Japandi Style akan bercampur dengan desain modern-rustic ala Scandinavian yang dikenal dengan istilah “hygge” (dibaca: hoo-ga). Konsep ini lebih mengusung sisi cozyness dan homeyness pada desain ruangan. Kedua elemen tersebutlah yang pada akhirnya menghasilkan perpaduan harmonis dalam Japandi Style.

Inspirasi Ruangan Ala Japandi

Setelah mengetahui filosofi dibalik desain ruangan yang satu ini, beberapa dari Anda mungkin mulai tertarik untuk menghadirkan konsep ini dalam rumah. Inspirasi-inspirasi berikut ini dapat Anda terapkan untuk hunian yang lebih mengagumkan!

1. Ruang Tamu

source : blog.modsy.com
source : home-desinging.com

Dalam mendesain rumah ini,  warna putih dan material kayu mejadi elemen utama pada keseluruhan rumah. Hal ini karena putih merupakan warna utama dalam desain Japandi untuk menampilkan kesan bersih, terang, dan lapang pada hunian.

Kemudian, secara strategis, penggunaan kayu muda yang dipadukan dengan warna putih merupakan detail yang tidak pernah absen dari Japandi. Corak kayu menambahkan suasana yang lebih alami, nyaman, dan berperan sebagai kontras yang hangat dan elegan terhadap putih.

2. Ruang Makan

source : spoak.com

source : esmadeco.com

Peran pencahayaan juga tidak dapat diabaikan dalam Japandi. Mengikuti prinsip minimalis, pencahayaan dimanfaatkan untuk mengimbangi kekosongan dari penggunaan ukiran dan motif-motif yang tidak terlalu mencolok.  Cahaya dan bayangan, baik dari pencahayaan buatan maupun alami, dihadirkan untuk menetralisir ambiens dingin di dalam ruangan.

Dekorasi ala Japandi memang tidak terlalu banyak, umumnya bercorak simpel dan bermotif anyaman kayu. Pilih furnitur dan dekorasi ruangan dengan desain minimalis. Juga, jangan meletakkan ornamen yang terlalu banyak pada ruangan karena akan mengurangi nilai estetik dari gaya tersebut.

3. Kamar Tidur

source : behance.net
source : youtu.be

Gaya desain interior dalam Japanese dan Scandinavian memang memiliki perbedaan warna yang mencolok. Japanese Style sendiri lebih mengutamakan tone warna yang gelap, sedangkan Scandinavian Style sebaliknya. Namun, jangan ragu untuk menggabungkan keduanya dalam pemilihan furnitur dan aksesoris ruangan. Karena, inilah salah satu unsur yang dapat ditonjolkan. Untuk mendapatkan tampilan Japandi yang sempurna, pastikan menciptakan kontras yang masih termasuk dalam skema atau palet warna netral pilihanmu. Misalnya, jika dinding berwarna netral, kamu bisa menggunakan furniture warna kayu yang lebih gelap.

Desain kamar tidur dengan gaya Japandi ini mengutamakan fungsional ruang dengan memilih ranjang tidur dari panel kayu yang rapi. Sebagai pemanis ruangan, anda dapat memasang rak display untuk penempatan wall-art ataupun kabinet penunjang lainnya. Penggunaan jendela besar bertujuan untuk membawa udara dan peneranagan alami masuk ke dalam rumah secara maksimal.

4. Kamar Mandi

source : bicolor.com

Meskipun mengusung gaya Japandi yang sederhana dan funngsional, anda bisa menambahkan interior di dalamnya dengan tampilan mewah dan elegan. Seperti desain kamar mandi minimalis ukuran 1.5 x 2 m ini menerapkan konsep Japandi modern dengan keramik dinding motif granit beserta sanitair yang lengkap seperti shower dan toilet duduk. Untuk memberikan sentuhan modern yang manis, anda dapat memberikan penyekat ruang dari kaca agar semakin elegan.

5. Dapur

source : diadebrilho.com
source : cotemaison.fr

Gaya Japandi terlihat dengan penerapan konsep open plan yang sangat fungional. Anda tidak perlu meninggalkan pernak-pernik ruang sebagai dekorasi cantiknya. Pengunaaan peralatan beragaya rustic dari bahan rotan yang unik dapat menciptakan gaya unik serta fungsional yang khas dari Japandi.

Selain itu, bangku kayu, karpet sisal, pot terakota, wol, kayu mentah, linen, dan rami adalah bahan bagus untuk diintegrasikan ke dalam interior Japandi. Bambu, kertas, dan rotan adalah bahan alami populer lainnya yang dapat menyatu dengan sempurna di interior bergaya Jepang.

Kalau kamu tertarik memperbaharui interior rumahmu dengan desain rumah japandi modern, langsung saja konsultasikan dengan tim RomaBangunan. Yuk, wujudkan hunian yang aman dan nyaman untuk hadapi new normal bersama Romabangunan!

Baca Juga :  2 Rekomendasi Granit Tile Untuk Dinding Rumah Impian Anda!

Tinggalkan Balasan