You are currently viewing Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Tips Membangun Rumah di Lahan Sempit

Lahan sempit merupakan salah satu tantangan tersendiri ketika akan membangun rumah. Meskipun demikian, dilahan yang sempit Anda bisa membangun rumah yang nyaman dengan konsep rumah bergaya minimalis modern. Jika banyak yang berkata, tidak ada rumah yang terlalu kecil, tetapi kebahagiaan penghuni rumahnya yang terlalu besar. Untuk itu, ukuran rumah bukan harga mati membangun rasa nyaman para penghuninya.

Lalu bagaimana mengolah lahan sempit yang ada agar tetap dapat memenuhi kebutuhan atau pun memenuhi mimpi rumah idaman kamu. Lima trik berikut ini mungkin bisa membantu kamu yang sedang ingin membangun rumah di lahan yang sempit.

  1. Menggunakan konsep split level

Rumah minimalis dengan konsep ruang setengah lantai atau bisa disebut desain rumah split level juga bisa menjadi solusi pada lahan rumah sempit. Sehingga rumah akan bertumbuh secara vertikal dengan maksimal.

Konsep ini bisa diterapkan untuk mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara tiga lantai namun dimanipulasikan seolah terlihat seperti 7-9 lantai. Kamu bisa memanfaatkan lantai split level untuk menciptakan ruang-ruang yang Anda butuhkan.

  1. Ciptakan Ruang Terbuka

Konsep ruang terbuka adalah salah satu solusi memberikan kesan pada rumah untuk terlihat lebih luas. Hindari penyekatan ruang yang dapat memberikan kesan semakin sempit pada rumah Anda. Dengan memberikan penyekatan pada ruangan akan memberikan kesan terasa sempit. Selain itu, konsep open space juga memunculkan kesan relaks atau santai yang membuat penghuni rumah tetap saling terkoneksi.

Agar suasana rumah dapat semakin nyaman, kamu bisa mengaplikasikan interior desain modern yang simpel yang memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah dengan lebih leluasa. Kamu bisa membuka ruang keluarga dengan dapur dan ruang makan menjadi satu sehingga ruangan terasa lapang. Berikan sekat imajiner seperti credenza atau perbedaan pola lantai untuk menciptakan batas ruang secara tidak langsung.

  1. Ciptakan Area Hijau pada Rumah Anda
Baca Juga :  5 Rekomendasi Barang Smarthome

Walaupun memilih lahan rumah yang sempit. Sentuhan area hijau di rumah akan memberikan nuansa ruangan lebih lega, sejuk serta nyaman pada penghuni rumah. Memberikan taman petak dengan pinggiran batang pohon dan rumput gajah serta lampu taman sudah dapat membuat suasana rumah terasa sejuk.

Selain taman petak, Anda juga bisa berkreasi dengan konsep taman tanpa rumput. Sisakan sebagian halaman luar atau rumah untuk diisi batu putih kecil yang banyak, kemudian tata pot bunga atau tanaman favorit lain di atas lahan itu.

  1. Memilih Warna yang Cerah

Agar ruangan terasa luas, pada saat melakukan finishing cat pilihlah warna-warna yang cerah dan hindari pemberian warna gelap karena akan memberikan kesan ruang yang sempit.

Warna putih juga termasuk warna yang dapat memberikan kesan luas. Selain memberikan kesan lapang, warna putih juga memberikan kesan yang bersih dan minimalis. Begitu pula dalam hal pemilihan furnitur, pilih juga yang berwarna cerah dengan desain yang ringan.

  1. Menggunakan Compact Furniture

Penggunaan compact furnitur dapat menjadi solusi untuk hunian di lahan sempit karena memberikan kemudahan dalam beraktivitas serta membuat ruangan terasa lebih lega. Hindari memilih furniture berukuran besar yang justru akan membuat rumah terlihat sesak dan sempit.

Pilih furniture yang desainnya fungsional, seperti meja makan lipat, tangga yang bisa ditarik, atau rak penyimpanan yang bisa dipasang dengan memanfaatkan bagian kosong pada bawah tangga. Dengan begitu, rumah tidak akan terlihat sempit karena furniture yang terlalu banyak.

Jadi, sudah semakin tidak sabar mendekorasi atau membangun rumah impian meski lahan masih minimalis, ya?

Kalau masih sudah ada ide, tapi budget belum maksimal, ga perlu khawatir karena di Tokopedia : Roma Bangunan kamu bisa menciptakan rumah pas di hati dan di kantong Anda.

Hanya Roma Bangunan yang terlengkap dan termurah !

Tinggalkan Balasan