cara menanam bunga anggrek
cashback 10% all item

Langkah Untuk Menanam Bunga Anggrek dengan Tepat

5 Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Tumbuh Indah – Anda tentu saja tidak asing lagi dengan tanaman hias bunga anggrek. Betul, bunga anggrek merupakan tanaman hias yang populer di Indonesia dan memiliki variasi yang tidak terbatas sehingga sangat mudah ditemukan di pasaran.

Bunga Anggrek (Latin: Orchidaceae) adalah tanaman berbunga yang memiliki banyak spesies, spesies ini tersebar luas pada daerah tropis yang lembab hingga daerah sirkumpolar. Meskipun sebagian besar dari spesiesnya terdapat di daerah tropis, tetapi sebagian besar dari spesies ini hidup sebagai epifit.

Anggrek di daerah beriklim yang sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi untuk beradaptasi dengan musim dingin. Tanaman anggrek ini dapat ditanam baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Meskipun tanaman anggrek dapat ditanam baik di dalam maupun di luar ruangan, tetapi anggrek terkadang sulit tumbuh karena teknik penanaman yang tidak tepat. Nah, agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan maksimal, berikut adalah cara menanam bunga anggrek. Simak terus hingga akhir, ya!

Menentukan Jenis Anggrek

Cara menanam bunga anggrek pertama-tama adalah dengan menentukan jenisnya terlebih dahulu. Tentu saja, Anda harus mencari tahu sendiri tentang jenis anggrek yang akan Anda tanam. Setelah itu, Anda bisa mempelajari teknik perawatan yang benar.

Saat ini, ada ribuan spesies anggrek yang bisa dipilih di pasaran. Namun, jika Anda seorang pemula, Anda bisa memilih jenis anggrek yang mudah tumbuh, seperti Phalaenopsis, Cattleya, atau Paphiopedilum.

Mempersiapkan Media Tanam Untuk Tanaman Anggrek

Cara menanam bunga anggrek yang kedua adalah menentukan media tanam. Banyak orang yang menyamakan media tanam anggrek dengan tanaman hias lainnya. Namun, sebenarnya hal ini keliru dan dinilai kurang efektif.

Baca Juga : 7 Ide Lemari Hias Minimalis Untuk Pajangan Hunian Anda

Dalam tata cara menanam bunga anggrek, Anda perlu memberikan ruang yang cukup agar akar tanaman anggrek dapat bernafas lebih optimal. Jadi pastikan Anda memilih media tanam yang cukup besar dan berpori, seperti arang dan akar pakis, untuk pertumbuhan pada bunga anggrek yang optimal.

Memilih Pot yang Tepat Untuk Anggrek

Memilih pot yang tepat untuk anggrek adalah hal yang sangat penting. Jika Anda menggunakan pot yang salah, bunga anggrek Anda akan layu, menguning, bahkan mati. Sementara itu, beberapa jenis pot yang bisa digunakan untuk menanam anggrek sebaiknya terbuat dari tanah atau yang memiliki sistem drainase yang baik.

Dengan memilih pot berbahan tanah liat daripada pot plastik, tentu saja air dapat diserap sepenuhnya oleh penyiraman yang berlebihan. Selain itu, pilihlah ukuran pot yang sesuai dengan ukuran anggrek milih Anda agar tumbuh optimal.

Melakukan Proses Penanaman Anggrek

Setelah Anda menyiapkan anggrek, media tanam, dan pot tanah, maka Anda siap untuk melanjutkan proses penanaman. Selama proses penanaman ini, berhati-hatilah agar tidak menyebabkan akar anggrek menjadi mati atau busuk. Jika Anda menemukan yang demikian, segera potong akar yang rusak agar tidak mempengaruhi akar lain yang sehat.

Setelah itu, Anda bisa mulai menanam anggrek dengan terlebih dahulu menambahkan arang di tengah pot. Kemudian letakkan bunga anggrek di atas arang dengan cara menyebarkan akarnya.

Terakhir, Anda dapat mengisi sisa pot dengan akar pakis sampai bunga anggrek itu dapat berdiri dengan tegak. Jika sulit, Anda bisa menggunakan sebuah kawat pelindung, kemudian lilitkan di tepi pot untuk membantu agar bunga anggrek dapat berdiri dengan tegak.

Merawat Anggrek

Selain memilih media tanam yang tepat, Anda juga harus memperhatikan perawatan dalam cara menanam bunga anggrek agar dapat tumbuh optimal. Sementara itu, proses perawatan ini dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya perlu menyiram tanaman anggrek secara rutin.

Oleh karena itu, pastikan tanaman anggrek yang Anda tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup, tetapi tidak terlalu banyak. Jika tanaman anggrek Anda berukuran besar, Anda juga dapat mengganti pot dengan ukuran yang lebih sesuai.

Nah, itulah 5 Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Tumbuh dengan Indah di Hunian Anda. Cara-cara yang telah dituliskan diatas tadi dapat menjadi pedoman untukmu dapat menanam dan merawat bunga anggrek. Semoga berhasil, ya!

Penutup

Itulah beberapa cara menanam bunga anggrek yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga dengan menggunakan cara menanam anggrek tersebut rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan mewah.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Store kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Atau kunjungi media sosial resmi kami di :

taplink.cc/romabangunan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *