tanaman pelengkap desain interior

6 Rekomendasi Tanaman Pelengkap Desain Interior Untuk Hunian Anda

periode 1-31 Oktober 2021

6 Rekomendasi Tanaman Pelengkap Desain Interior Untuk Hunian Anda – Manusia sebagai makhluk Tuhan pada hakikatnya tidak dapat dipisahkan dari lingkungannya. Sebagai makhluk hidup yang mulia, manusia harus mampu mengelola dan memanfaatkan alam, termasuk tumbuhan, secara benar dan bertanggung jawab.

Juga dalam konstruksi desain interior pada rumah. Pernyataan bahwa manusia tidak dapat memisahkan diri dari alam inilah yang membuat desain interior yang baik memasukkan unsur alam ke dalam elemen desainnya.

Bukan hanya untuk menunjukkan keberadaan orang yang mencintai alam, tetapi karena unsur alam diperlukan untuk membuat desain interior lebih nyaman dan fungsional.

Di tengah kemajuan zaman dan kehidupan yang sibuk seperti saat ini, diperlukan desain interior yang fungsional, nyaman, kreatif dan praktis. Hal inilah yang menjadi alasan perlunya mengetahui jenis tanaman pelengkap desain interior.

Ada banyak alasan mengapa tanaman pelengkap desain interior sangat penting di zaman sekarang. Karena tanaman hijau membentuk suasana yang nyaman dan baik kesegaran pikiran. Warna-warni bunga yang cerah juga dapat mencerahkan suasana. Juga, tanaman dapat menghasilkan oksigen yang sehat.

Bahkan, beberapa jenis tumbuhan pelengkap desain interior di dalam rumah dapat menetralkan racun seperti formaldehida, racun penyebab gangguan pernapasan, saraf, serta kanker. Selain itu, kehadiran tanaman pelengkap desain interior bisa menjadi “focal point” yang dapat mempercantik ruangan.

Pakis Sarang Burung (Kadaka)

Pakis
Pakis Kadaka

Tanaman pakis ini atau Pteridophyta ini banyak tersebar luas di hutan-hutan Indonesia. Jenis-jenis tumbuhan pakis ini memiliki daun yang berbeda-beda dan unik. Panjang daunnya sekitar 25-35 cm dan cukup tebal.

Ada beberapa jenis varian kadaka, seperti kadaka ular, osaka kadaka, dan kadaka keriting. Semakin unik bentuknya, semakin tinggi juga nilai jualnya.

Baca Juga :  8 Ide Dekorasi Rumah dengan Lilin Cantik

Tanaman ini tidak hanya cantik, unik dan eksklusif khas Indonesia, tetapi juga cocok berfungsi sebagai tanaman pelengkap desain interior rumah Anda. Selain itu, perawatannya juga tergolong lumayan mudah.

Sansevieria (Lidah Mertua)

sansiveira
Sansevieria

Sansevieria ‘Black brazilian‘ dipilih sebagai tanaman pelengkap desain interior terbaik untuk rumah Anda. Karena menghasilkan banyak oksigen, mudah dirawat, dan tidak perlu sering disiram. Selain itu, cara perkembangbiakannya juga mudah karena Sansevieria menghasilkan bibit di sekitarnya.

Nama Sansevieria ini digunakan untuk menghormati Pietro Antonio Sanseverino yang berhasil membudidayakan tanaman ini. Tanaman ini populer sebagai tanaman hias karena mudah dalam perawatan dan pertumbuhannya.

Baca Juga : 5 Cara Menanam Bunga Anggrek Agar Tumbuh Indah

Sansevieria dapat tumbuh dalam kondisi rendah atau kering dan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Sansevieria sangat populer bukan hanya karena keunikan daunnya, tetapi juga dikenal sebagai tanaman yang paling banyak menyerap polusi.

Tanaman ini mengandung senyawa yang dapat menyerap radiasi (komputer dan perangkat elektronik lainnya), karbon dioksida (formaldehida, xilena, dan toluena), asap rokok, dan 170 polutan lainnya dan mengubahnya menjadi oksigen.

Di Cina, Korea, dan Barbados, Sansevieria dikatakan membawa keberuntungan. Bentuk daun sansevieria dengan tulang daun sejajar menggarisbawahi kesan minimalis pada desain interiornya.

Tanaman Palem

Palem
Palem

 

Tanaman palem dapat digunakan sebagai tanaman pelengkap desain interior karena bentuknya yang tegak dan daunnya terlihat indah. Tanaman palem ini juga bagus untuk menyerap berbagai zat polutan.

Namun, tanaman palem membutuhkan sedikit perhatian ekstra dalam perawatannya, karena membutuhkan penyiraman secara teratur.

Sirih Gading

Sirih Gading
Sirih gading

Sirih Gading (Golden Photos atau Epipremnum aureum) adalah tanaman rambat yang unik, mudah dirawat, dan dapat diproduksi ulang.

Baca Juga :  Ingin Sehat? Lakukan 3 Jenis Olahraga Sederhana Terbaik Ini

Daun sirih gading ini berbentuk hati, dan memiliki beragam warna seperti hijau tua atau hijau tua dengan nuansa kuning gading. Sirih gading dapat bertahan hidup pada suhu dingin dan sedikit sinar matahari. Daunnya juga mampu menyerap berbagai zat polutan dari udara.

Sirih gading ini dapat ditanam dalam pot, daunnya berbentuk kecil-kecil dengan diameter kurang lebih 5-10 cm. Namun, bila ditanam langsung di lahan yang luas, diameternya bisa mencapai 30 cm. Bagian batangnya masih bisa tumbuh jika direndam dalam air dan dapat ditempatkan di bak mandi dengan pot transparan.

Tanaman sirih gading ini sangat cocok untuk ditanam di berbagai media, seperti di pot gantung atau di air. Juga, sirih gading juga merupakan tanaman pelengkap desain interior yang estetik.

Agapanthus

Agapanthus
Agapanthus

Nama Agapanthus berasal dari kata Yunani yaitu agape yang berarti cinta dan anthos yang berarti bunga. Jika digabung, tanaman agapanthus berarti bunga cinta. Bunga agapanthus kebanyakan bergerombol dan terlihat anggun dengan kombinasi warna ungu dan biru.

Agapanthus dikembangbiakkan dengan umbinya. Tanaman ini dapat mentolerir panas dan kekeringan, daunnya menyerupai rumput, tidak mudah rontok, dan bunganya yang biru indah bergerombol seperti bola bunga.

Kuncup bunganya yang indah dapat mekar di musim kemarau dan bertahan selama beberapa bulan untuk menaungi panasnya musim kemarau. Saat menanam bunga ini di dalam pot, usahakan diameter pot-nya tidak boleh terlalu besar, usahakan sekitar 20-30 cm. Jika pot-nya terlalu besar, proses untuk berbunga akan lebih sulit.

Bunga Aster

Bunga Aster
Bunga Aster

Karena warnanya yang cerah dan bervariasi, bunga aster sangat populer sebagai tanaman hias dan sebagai tanaman pelengkap desain interior. Warna ungu dan putih pada bunga aster dapat mencerahkan dapur Anda.

Baca Juga :  Perlu dipahami Inilah 3 Jenis Jendela Terbaik Untuk Sahabat Roma

Selain sebagai tanaman hias, bunga aster merupakan pengusir nyamuk alami karena mengandung pyrethrin yang sering digunakan sebagai campuran bahan obat nyamuk bakar.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman pelengkap desain interior yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Semoga dengan menggunakan rekomendasi tersebut rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan mewah.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Roma Bangunan atau konsultasikan langsung dengan CS Roma Bangunan untuk pilihan hunian idaman Sahabat Roma.

Kunjungi Store kami di :

KARAWANG

– Jl. Tuparev No.244, Nagasari, Kec. Karawang Bar., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

– Jl. Wirasaba, Adiarsa Tim., Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat

SUBANG

– Jl. Otto Iskandardinata No.121, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat

Atau kunjungi media sosial resmi kami di :

taplink.cc/romabangunan

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan