5 Tips Membersihkan Kaca Aquarium, Wajib Dicoba!

5 Tips Membersihkan Kaca Aquarium, Wajib Dicoba! – Pecinta ikan pasti akan terganggu oleh kaca yang tidak mengkilap di aquarium. Selain itu, kondisi kaca akuarium yang telah mengeras dan terkikis selama bertahun-tahun pasti mengecewakan, bukan?

Jadi, apakah Anda perlu selalu memperbarui aquarium Anda setiap tahunnya agar terlihat menarik? Jawabannya adalah Anda tidak perlu. Karena ada banyak cara untuk membersihkan kaca aquarium. Jangan biarkan kaca akuarium Anda menjadi buram sehingga menghilangkan kecintaan Anda pada hobi memelihara ikan.

Nah, yuk simak cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak dan buram di Roma Bangunan berikut ini!

5 Tips Membersihkan Kaca Aquarium

1. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi adalah cara termudah dan termurah untuk membersihkan kaca akuarium Anda. Meskipun pasta gigi pada umumnya digunakan sebagai sarana pembersih gigi, pasta gigi terbukti sangat efektif membersihkan kaca buram dan kerak di akuarium.

Saat membersihkan kaca akuarium dengan cara ini, bilas seluruh akuarium dengan air. Kemudian oleskan pasta gigi ke permukaan aquariun atau kerak kaca dan biarkan selama 15-30 menit.

Kemudian bilas bagian tersebut dengan air hangat dan kotoran atau kerak pada kaca pasti akan terlepas. Jangan lupa untuk menyeka permukaan kaca dengan kain kering agar permukaan kaca lebih mengkilap.

2. Menjaga Kebersihan Aquarium dengan Ikan Sapu-sapu (Broom Fish)

Bagi kita yang kekurangan waktu, berikut adalah rekomendasi ikan sapu-sapu yang akan membantu menjaga akuarium Anda tetap bersih. Ikan sapu tidak hanya berfungsi sebagai ikan hias, tetapi juga dapat digunakan untuk membersihkan kaca aquarium, terutama bagian interiornya.

Ketika menempel dibagian sisi akuarium, ikan hias air tawar ini dapat membersihkan lumut dan kotoran dari permukaan akuarium. Bahkan, ikan ini sering disebut sebagai ikan pembersih. Segeralah pelihara ikan sapu-sapu di rumah Anda untuk membersihkan kaca di akuarium.

Baca Juga :  9 Material Renovasi Rumah Yang Harus Tersedia Ketika Membangun Rumah

3. Mengunakan Aquarium Glass Cleaner Magnet

Magnetic Glass Cleaner adalah barang yang berguna bagi pecinta aquarium dan mereka yang ingin memelihara ikan dengan menggunakan aquarium. Alat ini bisa digunakan untuk membersihkan kaca aquarium.

Dengan menyikat di satu sisi dan magnet di sisi lain, Anda dapat membersihkan kaca akuarium tanpa merendam tangan Anda di dalam air. Cara menggunakannya juga sangat sederhana, cukup tempatkan magnet dengan sisi sikat menghadap ke dalam dan pegangan di luar. Kemudian gunakan ke seluruh permukaan akuarium sebagai cara praktis untuk membersihkan kaca akuarium Anda.

4. Cuka dan Air Hangat

Cuka tidak hanya efektif untuk membersihkan marmer, keramik, dan granit saja. Namun, juga sangat efektif untuk menghilangkan kerak dari kaca akuarium. Anda bisa mencampur cuka dan air dalam botol semprot dengan perbandingan 1:4 lalu semprotkan cuka cair pada permukaan kaca akuarium.

Hal ini dapat menghilangkan kerak kaca dan buram pada aquarium. Kemudian biarkan selama 15-20 menit. Kemudian, gunakan kain kering untuk menggosok ke seluruh permukaan aquarium hingga bersih. Bilaslah dengan air yang mengalir dan ulangi proses tersebut hingga tidak ada lagi kerak atau sisa kotoran yang membandel.

Setelah menerapkan cara membersihkan kaca aquarium ini, pastikan bahwa aquarium benar-benar sudah bersih sebelum digunakan kembali karena kandungan dalam cairan cuka dapat membahayakan ikan hias kesayangan.

5. Pembersih Kaca Khusus Aquarium

Cara terakhir untuk membersihkan kaca akuarium adalah dengan menggunakan pembersih kaca khusus akuarium. Solusi pembersihan akuarium dirancang untuk membuat pembersihan kaca akuarium lebih aman. Pembersih akuarium ini biasanya tersedia di toko ikan hias dan tersedia dalam berbagai merek dan tipe.

Baca Juga :  6 Kelebihan Genteng Tanah Liat Terbaik Untuk Sahabat Roma

Cairan ini dapat digunakan di dalam atau di luar akuarium. Membersihkan kaca akuarium itu sendiri aslinya mudah. Artinya, Anda hanya perlu menyemprotkan cairan khusus pada permukaan akuarium yang buram. Pemakaian pembersih kaca khusus aquarium biasanya juga cepat, jadi bisa langsung terlihat hasilnya.

Kerak dan debu akan hilang dalam beberapa menit. Larutan pembersih ini dapat digunakan kembali. Bagaimana, apakah Anda sudah siap menerapkan cara membersihkan kaca aquarium di rumah? Kami berharap artikel ini akan membantu Anda mengembalikan kilau kaca di akuarium rumah Anda, ya!

Tinggalkan Balasan